Loading...
×

example: Coffee, Tea, Palm Oil, Tobacco, etc

×
06 September 2022

Kapan Waktu yang Tepat untuk Meminum Kopi Saat Puasa?

Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu saat-saat yang paling dinantikan oleh semua umat muslim di dunia. Selama bulan suci Ramadhan ini pula, semua umat muslim diwajibkan untuk menjalani puasa selama satu bulan penuh. Agar badan tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa, ada beberapa macam hal-hal yang harus diperhatikan, salah satunya menjaga pola makan. Menjaga pola makan dilakukan dengan menentukan jenis asupan yang akan dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Salah satu minuman yang paling tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat bulan puasa adalah kopi. Namun, hal ini tetap menjadi pengecualian bagi para penggemar kopi tentunya. 

Mengonsumsi kopi saat sahur ataupun berbuka puasa dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan. Hal sepele yang disebabkan saat mengonsumsi kopi pada saat sahur adalah dehidrasi. Kopi sendiri mengandung banyak sekali kafein, kandungan ini nantinya yang akan membuat seseorang menjadi sering buang air kecil hingga menyebabkan dehidrasi. Sedangkan, mengonsumsi kopi pada saat berbuka puasa justru membuat seseorang kesulitan untuk tidur akibat kandungan kafein di dalamnya. Tidak hanya itu, efek samping lainnya yang akan didapat adalah tubuh menjadi mudah lelah, sakit kepala dan suasana hati menjadi semakin buruk. 

Namun, jangan khawatir! Meminum kopi saat berbuka puasa dan sahur sangat boleh, apabila keadaan perut sudah diisi dengan makanan lain. Oleh karena itu, ada baiknya meminum kopi saat sesudah berbuka puasa dan sesudah sahur dengan takaran normal (satu gelas). Efek dari minum kopi dapat dilihat berdasarkan ketahanan tubuh masing-masing yang mengonsumsinya. 

Buzzfeed menyatakan bahwa tubuh setiap orang biasanya memiliki preferensi sendiri dalam memilah waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi. Bagi orang yang sudah terbiasa minum kopi di pagi hari, tentu bisa mengonsumsi saat sahur. Sedangkan untuk orang yang terbiasa mengonsumsi kopi saat sore hari, tentu bisa mengonsumsi saat berbuka puasa. 

Dalam mengonsumsi kopi, tentu sangat nikmat apabila dapat mengonsumsi kopi dengan pengalaman terbaik, bukan? Tentunya pengalaman terbaik dapat diciptakan dari kopi hasil olahan terbaik pula. Kopi NUSAKITA salah satunya yang wajib untuk dicoba dalam menciptakan pengalaman baik tersebut! NUSAKITA menggunakan kopi Java Mocha Blend sebagai andalannya. Kualitas biji kopi premium yang diambil langsung dari perkebunan milik negeri dan diolah langsung oleh tenaga profesional menjadikan kopi Java Mocha Blend milik NUSAKITA memiliki kualitas premium. Pengemasan serta perawatan yang diberikan dalam menghasilkan produk tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menjaga kualitas dari kopi tersebut. Penanganan tanaman dan produk juga sudah tidak diragukan lagi, dimulai dari proses pemilihan jenis tanaman, teknik budidaya, penanganan pasca panen serta pengemasan dilakukan langsung oleh para ahlinya. Ciptakan pengalaman terbaikmu dalan minum kopi dengan NUSAKITA!

Silahkan baca artikel lainnya dari Perkebunan Nusantara: 

https://www.perkebunannusantara.com/news-and-events/cara-pemeliharan-kelapa-sawit-agar-menghasilkan-buah-yang-banyak 


Share